UD. Karya Pala resmi dibentuk di Kediri Jawa Timur pada tahun 1997. Pendirinya adalah sepasang suami istri yaitu Safrodin dan Siti Mudawamah. Karya Pala berasal dari dua kata, yaitu Karya dan Pala yang memiliki filosofi perusahaan ini akan berkarya dalam berbagai produk pala atau kacang-kacangan. UD. Karya Pala memiliki berbagai macam produk yaitu kedelai goreng dan mie sebagai produk andalannya.

Pada awal mula perusahaan berdiri, UD. Karya Pala hanya mampu memproduksi kacang kedelai kurang lebih 50kg hingga 1 kwintal kedelai perhari. 2011 adalah tahun berkembangnya usaha ini dengan sangat pesat, kapasitas produksi mulai meningkat 1 hingga 2 ton per hari. Produk yang awalnya hanya dikemasi secara manual, merambah dengan kemasan mesin yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh pasar.

Saat ini, UD. Karya Pala telah memiliki 32 karyawan dan wilayah pemasarannya pun tidak hanya sebatas di Jawa Timur saja, tetapi sudah menjangkau Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dengan model pemasaran satu kota satu distributor, UD. Karya Pala kurang lebih sudah mempunyai beberapa distributor di Indonesia.